Wednesday, February 22, 2017

Nama-Nama dan Urutan Versi Android

Versi-Versi Android
Mungkin banyak dari teman belum mengetahui Versi-Versi Android dari awal hingga sekarang,nah sebelum saya menjelaskan tentang Versi-Versi Android lebih baik teman-teman membaca dulu tentang Sejarah Android. Nah mungkin banyak dari teman punya prasangka bahwa penamaan versi android sendiri seperti nama-nama makanan,iya prasangka teman benar karena penamaan versi android sendiri menggunakan nama-nama camilan manis.
Untuk penamaan versi android sendiri menggunakan nama-nama camilan manis pertama kali digunakan pada versi ketiga yaitu Cupcake. Kenapa tidak dimulai pada versi android pertama dalam menggunakan nama camilan manis? nah untuk jawabannya sendiri akan saya uraikan pada penjelasan dibawah ini:

1.Android v1.0 Alpha (Astro)


Sebelum penggunaan nama-nama camilan manis ada 2 versi awal Android yang tidak menggunakan nama-nama camilan manis yaitu Alpha dan Beta, yang nama sebenarnya dari 2 versi tersebut adalah Astro dan Bender kedua nama tersebut tidak jadi digunakan karena bersangkutan dengan hak cipta, oleh karena itu penamaan versi Android yg pertama menggunakan nama Alpha. Pada versi ini Android belum dijual secara komersil.

2.Android v1.1 Beta (Bender)

Pada versi Android pertama kali dikomersilkan tepatnya pada tanggal 5 November 2007 penampakan Android pertama seperti pada gambar diatas dengan merk ponsel HTC Dream. ya seperti pada versi pertama pada versi inipun penamaan Bender tidak jadi digunakan karena bersangkutan dengan hak cipta.

3.Android v1.5 Cupcake

Pada versi inilah Android baru mulai menggunakan nama-nama camilan manis sampai pada versi terbarunya saat ini. Android versi ini dirilis pada tanggal 30 April 2009,namun pada versi Android ini belum populer di Indonesia.

4.Android v1.6 Donut

Pada versi ini dirilis tidak sampai satu tahun dari perilisan Android Cupcake,yakni pada tanggal 15 november 2009. Versi ini dibuat untuk mengatasi bug pada versi sebelumnya,selain untuk menutupi bug pada versi sebelumnya pada versi ini juga diberikan fitur agar bisa dijalankan pada ukuran layar ponsel yang lebih besar.

5.Android v2.0-v2.1 Eclair

Sama pada versi sebelumnya pada versi inipun dirilis tidak sampai setahun pada versi-versi sebelumnya pada tanggal 26 Oktober 2009,pada versi ini lebih difokuskan untuk menutupi bug-bug pada versi sebelumnya dan juga penambahan fitur-fitur seperti Bluetooth,flash pada kamera,multi-touch,live wallpaper,digital zoom pada kamera dan lainnya. 

6.Android v.2.2 Frozen yoghurt (Froyo)

versi ini dirilis pada tanggal 20 Mei 2010, pada versi android ini sudah mulai banyak digemari dipasaran walaupun masih tidak sebombastis Symbian dan Windows mobile.

7.Android v.2.3 Gingerbread


Dirilis pada tanggal 6 Desember 2010, pada versi ini sudah mulai banyak produsen ponsel fokus untuk memproduksi Android. Pada saat itu juga samsung merilis Galaxy series dengan pemasaran yang baik sampai Android banyak digemari oleh orang-orang di dunia bukan hanya didunia pada versi ini Android juga digemari di Indonesia walaupun boomingnya pada kisaran tahun 2013.

8.Android v3.0-v3.2 Honeycomb

Pada versi ini dirilis pada tanggal 10 Mei 2011 yang dirancang kegunaannya untuk tablet yang sedang banyak digemari orang-orang berkat promosi dari samsung.

9.Android v4.0 Ice Cream Sandwich


pada versi ini dirilis pada tanggal 16 Desember 2011 dapat dikatakan jika versi ini penyempurna dari versi Honeycomb. Perbedaan paling kentara pada vesi ini terdapat pada user interface yang terlihat lebih elegan dan pada versi ini lebih optimal untuk multitasking.

10.Android v4.1-v4.3 Jelly Bean


Dirilis pada tanggal 9 juli 2012, pada versi ini Android mulai benar-benar digemari didunia bahkan di Indonesia. Pada versi ini banyak produsen-produsen ponsel memasarkan ponselnya yang menggunakan sistem operasi Android.

11.Android v.4.4 KitKat


Pada versi ini dikatakan lebih ringan dan mudah. Bahkan untuk ponsel dengan RAM 512 MB dapat menjalankan versi Kitkat lebih mulus, yang jelas berbeda dengan versi Jellybean yang baru bisa berjalan dengan mulus ketika ponsel memiliki kapasitas RAM 756 MB.

12.Android v5.0-v5.1 Lollipop


Dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014 pada versi Android terlihat lebih mulus dengan material design dalam multitaskingnyapun lebih asik dibanding versi-versi sebelumnya. Pada versi ini Android juga sudah didukung dengan kerangka 64-bit sehingga memungkinkan untuk penggunaan RAM diatas 3GB.

13.Android v6.0 Marshmallow


Dirilis pada bulan September 2015 kalo soal user interfacenya terlihat lebih bagus dan bisa digunakan untuk multitasking dan terlihat lebih smooth dalam penggunaannya,namun pada ponsel saya masih terdapat bug jadi saya kurang suka dan saya downgrade keversi sebelumnya hehehe.

14.Android v7.0 Nougat


Dirilis pada bulan Juni 2016, jelas pada versi ini Android menjadi lebih smooth untuk penggunaannya dan lebih nyaman untuk multitasking dibanding versi-versi sebelumnya. Banyak spekulasi yang bertebaran tentang penamaan Versi android ini hingga akhirnya google memberikan nama Nougat.



ya sekian dalam pembahasan artikel saya saat ini,seperti itulah penamaan pada versi Android selalu menggunakan nama-nama camilan manis dan berurut pada tiap penamaan beruurutannya disesuaikan dengan huruf depannya. sekian dan mari seruput kopi... hehehe

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nama-Nama dan Urutan Versi Android

0 comments:

Post a Comment