Tuesday, August 1, 2017

Jenis-Jenis Harddisk (ATA,SATA,SCSI,SSD dan SSHD)

Jenis-Jenis Harddisk (ATA,SATA,SCSI,SSD dan SSHD)

1.ATA (Advance Technology Attachment)

src:amazon.com
Contoh Harddisk IDE/ATA

Harddisk jenis ini adalah harddisk yang terbilang jadul karena harddisk ini sudah jarang dipakai dan harddisk ini kebanyakan dipakai pada waktu komputer ber-pentium 4 kebawah , ATA atau Advance Technology Attachment yang memiliki nama lain IDE ini pada umumnya hanya memiliki kapasitas ukuran memory paling besar 320GB dan yang paling kecil 10GB.
Menurut gosip yang beredar kalau Harddisk jenis ini sudah tidak diproduksi lagi karena kecepatan transfer datanyapun masih terbilang lambat rate 133MB/dtk . Maka dari itu peminat dari Harddisk ini sudah tinggal sedikit malah mungkin sudah tidak ada.




2.SATA (Serial Advance Technology Attachment)
src:teknisipintar.com
Contoh Harddisk SATA

Harddisk ini sendiri sebenarnya adalah sebuah pengembangan secara total dari harddisk jenis ATA yang berarti peningkatan kecepatan transfer sampai 1.5GB/dtk. Harddisk jenis ini sendiri sangat mudah untuk dicari di banyak toko komputer pasti ada Harddisk jenis ini karena Harddisk jenis ini sendiripun sudah banyak yang menggunakan bahkan saya yakin Harddisk anda sendiri pasti menggunakan jenis ini hehe. Untuk mengetahui Harddisk SATA cukup muadah teman-teman hanya cukup melihat pada gambar diatas dan lihat pada kuningan tersebut ada pemisah antara yg kiri dan kanan seperti ompong.



3.SCSI (Small Computer System Interface)
src:teknologivirtual.com
Contoh Harddisk SCSI

Harddisk ini adalah Harddisk yang lebih mahal jika dibandingkan dengan dua jenis Harddisk diatas ,  iya karena untuk kecepatan dalam membaca data sangat cepat dan untuk ukurannya sendiri yang saya tahu bisa mencapai 5TB wow wajar saja jika Harddisk jenis ini paling mahal diantara diatas tadi teman , untuk harddisk jenis ini sendiri juga banyak digunakan pada kantor-kantor terutama pada server-server kantor tersebut dikarenakan akses data yang cepat maka sangat tepat jika digunakan pada kantor-kantor yang memerlukan management data yang sangat cepat.


4.SSD (Solid State Disk)
src:backblaze.com
Contoh Harddisk SSD

Nah Harddisk jenis ini adalah Harddisk yang tidak ada komponen bergerak di dalamnya dikarenakan komponen yang digunakan hampir mirip dengan komponen pada USB atau penyimpanan Flashdisk. Karena komponen didalamnya tidak menggunakan komponen bergerak maka kecepatan dalam membaca data dan hal-hal lain sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis Harddisk lainnya.
Harddisk ini sangat cocok untuk mereka yang berkerja dalam editing video dan photo. Bahkan saya sendiri pernah melihat booting windows antara SSD vs SATA lebih cepat SSD bisa dibilang SSD ini 30x lebih cepat dibandingkan dengan SATA. Namun kekurangan pada SSD ini tidak bisa menampung penyimpanan lebih lama dibandingkan 3 jenis Harddisk diatas ya dalam artian tidak bisa bertahan lama alias tidak bisa lebih dari 10 tahun.


5.SSHD (Solid State Hibrid Disk)
src:seagate.com
Contoh Harddisk SSHD

Yaaa , dari namanya saja mungkin teman sudah tau apa itu SSHD hehe yap betul dari segi namanya SSHD adalah sebuah gabungan antara HDD dan SSD. Saya belum pernah melihat performa dari Harddisk jenis ini namun dari hasil research saya dari beberapa artikel Harddisk jenis ini sudah lumayan cepat namun masih dibawah kecepatan SSD dari segi hargapun masih lebih mahal dari HDD dan lebih murah sedikit dari SSD.


Cukup sekian informasi saya kali ini , maaf kalo ada salah atau kekurangan informasi saya. Kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua srupuuutt kopinya...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Harddisk (ATA,SATA,SCSI,SSD dan SSHD)

0 comments:

Post a Comment